Sabtu, 01 Oktober 2016

Inktober Day 1 : Fast

Aku ngadain campaign ini : https://kitabisa.com/redhodoubletigers dalam rangka mengumpulkan donasi untuk mendukung keberlangsungan hidup Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) di alam bebas.
But it's seems to be unsuccesful. LOL.Sampe sekarang belum ada donasi yang masuk, dan situs provider campaign tersebut bakalan menarik campaign jika tetep tidak ada donatur yang menyumbang hingga batas 7 hari setelah campaign diselenggarakan (tepatnya besok, Ahad 2 Oktober)
Wajar sih, pikirku.
Setidaknya ada tiga poin yang luput kuperhatiin sebelum buat campaign tersebut :
1. Aku kurang paham teknis pengumpulan donasi. Disini, campaigner sebenernya hanya berperan mengadakan promosi yang eyescatching untuk menarik donatur, tapi TIDAK BERPERAN MENAMPUNG DONASI. Donasi yang terrkumpul akan tersalurkan langsung ke situs provider, dan akan diarahkan ke target donasi (dalam kasus ini, WWF) untuk digunakan sebagaimana mestinya, sehingga tidak disalahgunakan oleh campaigner.

2. Aku mematok target donasi yang terlalu besar : Rp. 15.000.000 !! Sementara di sisi lain, challenge yang aku buat terlalu rumit : menggambar 100 halaman komik tentang Harimau Sumatera, lalu mencetak dan membagikannya sebanyak-banyaknya ke SD di seluruh Sumsel. Tentu saja, aku berani buat challenge begitu karena awalnya kupikir donasi yang terkumpul akan digunakan untuk menjalankan program yang dikampanyekan. Ternyata tidak, toh. I don't have that much money, gee.

3. Meski banyak dibantu teman dalam sounding, tapi temponya yang terlalu pendek membuat jangkauan publikasinya terlalu sempit. Tinggal tersisa 24 jam sebelum campaign ini ditarik oleh situs provider :')

But, hey, guess what?
That doesn't bug me at all. LOL.
I do truly care about Sumatera Tiger, and willing to contribute towards it with my artwork. And then i heard about this inktober thing.
Apa itu Inktober? Check this link outhttp://mrjakeparker.com/inktober
Intinya, setiap orang yang suka menggambar, di seluruh dunia, bisa berpartisipasi dalam ajang ini dengan menggambar satu ilustrasi per harinya, lalu meng-upload-nya ke media sosial masing-masing dengan tagar #Inktober dan #Inktober2016. Simple bukan?
Tema Inktober hari ini adalah 'Fast', dan entah bagaimana aku menemukan koneksi antara campaign tadi dan inktober ini. Sooooo, i drew this.
Harimau Sumatera adalah spesies terkecil dari seluruh jenis harimau di dunia. Panjang tubuhnya hanya bisa mencapai 234 cm, dengan bobot maksimal 150 kilogram. Namun fisik tersebut kenyataannya justru mendukung kemampuan berburunya di pedalam hutan Sumatera. Kecepatan larinya bisa mencapai 90 km/jam. Yang janggal dari gambar ini adalah jumlah harimaunya. Harimau Sumatera aslinya adalah hewan yang soliter, sehingga terbiasa berburu sebagai individu, bukan kelompok. But who care, anyway?
Btw, judul gambarnya "Jungle Stroll".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar